Dokter Jelaskan Alasan Tidak Boleh Cabut Gigi saat Sakit Gigi

Dokter Jelaskan Alasan Tidak Boleh Cabut Gigi saat Sakit Gigi

Mengalami sakit gigi tentu tidak mengenakkan. Saat kita mengalami sakit gigi, aktivitas pun tidak dapat dijalankan dengan baik. Nah, ketika sakit gigi, kerap ada larangan untuk jangan dicabut dulu. Gigi dianjurkan dicabut setelah sakit reda.

Lantas apa yang jadi alasan kita tidak boleh mencabut gigi saat sakit? Mengenai hal ini, dokter spesialis gigi bernama drg. Alana Aluditasari, Sp.K.G.A dari RS Pondok Indah Jakarta memberi penjelasan. Sesungguhnya tidak ada bahaya sampai mengancam jiwa ketika mencabut gigi ketika dalam keadaan sakit.

"Sebenarnya bukan bahaya bagaimana bagaimana. Tapi lebih ke mengurangi rasa sakit pasien. Kalau gigi sakit, lakukan langsung dicabut, akan lebih sakit lagi," ungkapnya saat pengarahan media di Jakarta Selatan, Minggu (24/3/2024). Prakiraan Cuaca Maluku Jumat, 3 November 2023: Ambon, Masohi, Namlea Cerah Berawan Prakiraan Cuaca Maluku Jumat, 23 Juni 2023: Ambon, Kisar, Masohi Cerah dan Berawan

Prakiraan Cuaca Maluku Minggu, 20 Agustus 2023: Ambon, Masohi, Piru Cerah dan Berawan Prakiraan Cuaca Maluku Minggu, 5 November 2023: Ambon, Leksula, Masohi Cerah dan Berawan Prakiraan Cuaca Maluku Jumat, 6 Oktober 2023: Ambon, Bula, Kisar Cerah dan Berawan

Prakiraan Cuaca Maluku Rabu, 6 September 2023: Ambon, Dobo, Kisar Cerah dan Berawan Rasa sakit inilah yang membuat pasien dianjurkan untuk mengobati infeksinya dulu. Terutama ketika ada bengkaknya. Biasanya ketika dipaksa untuk dicabut rasa sakitnya akan terasa lebih lama dibandingkan dengan gigi yang tidak sakit.

"Kalau bahaya yang langsung mengancam nyawa sih tidak. Hanya mengurangi risiko rasa sakit saja," tambahnya. Alasan lain adalah kadang kala bius atau anestesi tidak berfungsi saat terjadi infeksi. "(Sehingga) butuh anestesi lebih banyak. Apa lagi sakit, apa lagi bengkak, biusnya suka gak jalan," katanya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *