Menilik Pantai Temajuk, Keajabian Tersembunyi di Kalimantan Barat yang Begitu Menawan

Menilik Pantai Temajuk, Keajabian Tersembunyi di Kalimantan Barat yang Begitu Menawan

Liburan ke Kalimantan Barat, kurang lengkap rasanya tanpa mengunjungi Pantai Temajuk. Pantai Temajuk disebut sebut sebagai surga tersembunyi di Kalimantan Barat. Keberadaanya masih minim terekspos, sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung.

Pantai Temajuk sangatlah indah, bersih dan konon membentang sepanjang puluhan kilometer. Tidak banyak tempat di dunia yang memiliki garis pantai yang sangat panjang layaknya Pantai Temajuk. Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, mengatakan bahwa Pantai Temajuk adalah surga dunia yang terpendam di Kalimantan Barat.

Sepanjang Pantai Temajuk dipenuhi pohon pohon besar yang rindang dan tertata rapi, seperti yang dilansir dari akun Youtube , Minggu (12/3/2023). Jonathan Latumahina Ayah David Ozora Puas Mario Dandy Divonis Maksimal 12 Tahun Penjara Banding Ditolak! Mario Dandy Tetap Divonis 12 Tahun Penjara Kasus Penganiayaan David Ozora

Divonis 12 Tahun Penjara, Mario Dandy Ajukan Banding Begini Respons Keluarga David Ozora Sidang Vonis Mario Dandy Digelar Besok, Keluarga David Ozora Harap Putusan Maksimal: Ada Efek Jera BREAKING NEWS: Mario Dandy Divonis 12 Tahun Penjara Terbukti Aniaya David Ozora

Shane Lukas Divonis Hakim 5 Tahun Penjara Terkait Kasus Penganiayaan David Ozora BREAKING NEWS: Shane Lukas Divonis 5 Tahun Penjara Kasus Penganiayaan David Ozora Divonis 5 Tahun Penjara Terkait Penganiayaan David Ozora, Shane Lukas Ajukan Banding

Pantai Temajuk juga terkenal dengan pusat penangkaran penyu yang sangat menarik. Oleh karena itu, pengunjung yang datang bisa berwisata alam, edukasi, sekaligus menjaga kelestarian alam. Warga di sekitaran Pantai Temajuk diberikan anugerah untuk panen ubur ubur sebanyak 2 kali dalam setahun.

Seluruh hasil panen tersebut kemudian diserap oleh pasar ekspor ke Korea Selatan. Pengunjung dapat melihat langsung proses saat mereka panen sampai pengolahan di rumah produksi ubur ubur. Setahun sebelum pandemi, Pantai Temajuk dikunjungi sekira 3.000 wisatawan dari Malaysia setiap minggunya.

Hal itu cukup wajar mengingat lokasi Pantai Temajuk yang bersebelahan dengan Malaysia. Menurut Sutarmidji, daya tarik wisata Pantai Temajuk sangat kuat. Untuk penginapan, para wisatawan bisa tinggal di homestay atau resor yang tersedia.

Pemerintah setempat kini terus berusaha mengembangkan berbagai aspek yang mendorong kemajuan wisata di kawasan Pantai Temajuk. Seperti halnya hotel serta akses jalan raya yang nyaman untuk berkendara. Hal tersebut dilakukan untuk memperindah daya tarik wisata di kawasan Temajuk.

Sutarmidji mengajak masyarakat datang langsung ke Temajuk untuk menikmati pengalaman wisata dengan nyaman dan indah. Keindahan pantai dan keramahan warga sekitar menjadikan Pantai Temajuk sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Belum lagi dengan hadirnya industri kreatif, menawarkan kuliner hingga aneka cinderamata yang bisa dibawa pulang.

Pesona Pantai Temajuk tentunya tak perlu diragukan lagi. Kawasan ini bahkan telah mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia. Tertarik untuk berkunjung?

Pantai Temajuk berlokasi di Desa Temajuk, Paloh, Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Jaraknya 164 km dari pusat Kabupaten Sambas dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam berkendara. Pantai Temajuk tidak memberlakukan jam operasional, sehingga dapat dikunjungi kapan pun.

Untuk memasuki kawasan Pantai Temajuk, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Namun, tak perlu khawatir, sebab tiket masuk Pantai Temajuk masih cukup terjangkau. Tiket masuk Pantai Temajuk dibanderol dengan harga Rp 20.000 per orang.

Untuk membaca artikel terkait rekomendasi wisata, kunjungi .

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *